Halaman

1/08/2013

Pengembangan Stem Cell dan penerapannya baru akan di terapkan Kalbe Farma mulai tahun 2013

Berita disalah satu media online :

"Pengembangan riset terhadap sel punca (stem cell) yang dilakukan PT Kalbe Farma Tbk mulai tahun depan akan memasuki skala komersial.

Menurut Jimmy Susanto, Principal Investigator for Stem Cell & Cancer Institute (SCI) - Unit riset Kalbe Farma di bidang genetik dan stem cell - pengobatan dengan sel punca akan menjadi teknologi pengobatan terbaru untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti kanker dan jantung.

"Kalau selama ini kita baru sampai tahap riset maka semoga pada tahun depan (2013) sudah ada yang ditingkatkan sampai skala komersial," kata  Jimmy Susanto di Jakarta, Minggu.

Jimmy mengatakan, Kalbe melalui  Stem Cell & Cancer Intitute (SCI) sengaja dibangun untuk memfokuskan penelitian pada sel punca. Kalbe, menurut Jimmy, melakukan penelitian sel punca dari mesenchymal stem cell dari orang dewasa.
Sel punca merupakan teknologi terkini di bidang kedokteran untuk meregenerasi sel-sel yang rusak, baik akibat usia, maupun penyakit, yang sangat dibutuhkan masyarakat.
Kalbe Farma membangun Stem Cell & Cancer Institute pada tahun 2006 yang memfokuskan terhadap riset di bidang sel punca. Riset ini di luar negeri sudah memasuki skala komersial untuk pengobatan berbagai penyakit terutama jantung dan kanker.
Untuk mendapatkan sel punca sampai kepada skala komersial harus melalui berbagai tahapan mulai dari pengambilan sampel, uji laboratorium, barulah penerapan.
Jimmy mengatakan, SCI saat ini tengah memasuki tahap akhir riset sel punca untuk pengobatan penyakit jantung dan osteoarthritis atau kerusakan kartilago yang akan ditingkatkan dalam skala komersial tahun 2013.
Untuk menerapkan sistem pengobatan dengan sel punca harus terlebih dahulu mendapat izin dari Kementerian Kesehatan dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
Pengembangan sel punca selain melalui perusahaan farmasi hanya dapat dilakukan pada rumah sakit tertentu saja yakni RSCM di Jakarta, RSHS di Bandung, dan RS Dr. Soetomo di Surabaya, serta rumah sakit pendidikan kelas II.
Sementara itu, Ahmad Ph.D dari Kalbe Genomics (KalGen) salah satu unit penelitian kanker Kalbe Farma mengatakan bahwa kanker merupakan penyakit akibat kerusakan atau perkembangan sel yang tidak normal. Melalui KalGen, tengah dikembangkan teknologi molekular untuk penyembuhan kanker.
Sejauh ini KalGen memberikan layanan untuk memberikan obat yang tepat bagi penderita kanker karena tidak semua penderita kanker cocok dengan pengobatan yang diberikan, ujarnya.
Seperti pemberian kemoterapi yang tidak bisa diberikan kepada setiap orang karena menyangkut gen bawaan dan ras dari seseorang.
Dia mencontohkan,  obat pengencer darah ternyata tidak bisa diberikan kepada semua orang, karena kalau salah justru dapat mengakibatkan kematian.
Begitu juga dengan pengobatan kanker servik ada beberapa pasien yang sembuh dengan obat tertentu tetapi ada juga yang tidak berhasil, ujar dia.
KalGen di sini berupaya mencari solusi pengobatan yang tepat bagi penderita kanker minimal memberikan kualitas hidup lebih baik.
Terkait dengan perkembangan teknologi sel punca belum lama ini Kalbe menyelenggarakan dengan tema yang sama terhadap calon dokter dalam acara lustrum Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya." *
Menyambung Pemberitaan diatas, sebenarnya di dalam Produk Ionic Silver GT mengandung Stem Cell Activator. Itu artinya produk ini mampu mengobati semua jenis penyakit yang diberitakan diatas.

Jika sebuah perusahaan Obat ternama di Indonesia ini sudah membuka mata untuk meneliti dan akan memasarkan kandungan stem cell ini, apakah Anda masih gelap mata akan Kehebatan Ionic Silver gt?

Pilihan ada di tangan Anda,
yang pasti, Kami akan memberikan Harga yang pantas dan terjangkau untuk mengobati semua keluhan penyakit Anda....

Terima kasih,



* sumber berita: http://banten.antaranews.com/berita/18266/kalbe-masuki-skala-komersial-pengembangan-sel-punca

0 komentar:

Posting Komentar